Sabtu, 05 September 2015

Lawan Keburukan Dengan Kebaikan



Assalamualaikum wr.wb
Salam sobat muslim dan muslimah..
Bertemu lagi dengan saya,sang penulis amatir , yang insha Allah bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca, sehingga bisa berubah menjadi insan yang di sayangi Allah swt.
Zaman sekarang banyak sekali orang yang seperti nya lupa untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk , atau bisa jadi mereka seolah melupakan ajaran akhlak dan aqidah yang baik saat mereka kecil dulu mengaji di madrasah, semakin bertambahnya umur dan pengaruh dunia luar memang agak sulit untuk seseorang bisa menyesuaikan dan menjaga diri dari hal-hal yang kurang baik. Untuk itu kita dianjurkan tidak pernah berhenti untuk mencari ilmu hingga ke liang lahat. Ini dimaksudkan kita seharusnya mencari ilmu yang baik untuk agama tidak harus berhenti hingga azal menjemput. Agar dari hari ke hari kita bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Islam telah mengatur semua aspek kehidupan dari segi manapun entah itu politik, kedokteran, psikologis dan aturan hidup yang lainnya. Semua yang kita jalani di dunia telah di atur di kitab suci islam yang  paling mulia yakni Al-Qur’an.
Sekarang bagaimana islam mengatur tentang bersikap yang baik dengan sesama muslim.
Di dunia hampir semua orang pernah di khianati bukan ? entah oleh teman, sahabat, bahkan keluarga, kecil kemungkinan manusia bisa terhindar yang satu ini, yah,,mudah-mudahan muslim dan muslimah tidak perlu merasakan yang namanya di khianati yah. Hal yang satu ini bisa sekali kita hindari asalkan kita selalu berbuat baik kepada sesama manusia. Saya tidak akan menyalahkan bahwa orang baik memang selalu menjadi korban, tapi bukan berarti orang  jahat melakukan itu tanpa ada alasan, kecuali orang-orang yang tidak lagi berfikir sehat.

Orang-orang yang mengkhinanti kita pasti mereka memiliki alasan yang tidak bisa dimengerti oleh sebagian orang entah itu masalah percintaan, bisnis dan lainnya.asalkan bagaimana orang-orang yang di khianati bersikap.tidak baik kita membalas kejahatan dengan  kejahatan pula , akan seperti apa dunia ini jika semua orang berfikiran seperti itu,  islam pernah menjelaskan bahwa “salah satu menjadi insan yang baik ialah membalas keburukan dengan kebaikan”.
Ingatkah sobat, saat Nabi Muhammad begitu dibenci dizamannya saat beliau mencoba menyebarkan ajaran agama islam dengan di lempari dan diludahi, Nabi Muhammad membalas dengan  senyuman dan kesabaran, tak pernah sekali pun dalam pikirannya bahwa ia harus membalas orang-orang tersebut, dan apa hasilnya, beliau mendapatkan hikmah yang baik pada akhirnya. Karena orang-orang mulai mempercayai dan mengikuti ajaran Rosulullah Saw.
Apa yang harus kita lakukan saat kita merasa di khianati dan mulai putus jalinan tali silaturahmi yang sudah dijalani bersama ?
Hal pertama yang kita lakukan adalah mencoba untuk memaafkan kesalahan orang lain, lapangkan hati untuk bersikap ikhlas atas hal yang telah mereka lakukan, besar kecil pun masalah itu. Allah swt menyayangi orang-orang yang saling memaafkan.
Kedua, hal yang perlu kita lakukan tanyakan baik-baik kepadanya apa yang membuat nya melakukan itu kepada kalian, dengarkan dengan sikap yang tidak memojokan, ajak dengan obrolan yang biasa pernah kalian lakukan. Jika alasan yang diberikan tidak cukup memuaskan untuk kalian, setidaknya dia sudah mencoba memberanikan diri  berterus terang dan kita harus menghargainya.
Ketiga, berdo’a agar kalian bisa kembali menjalin silaturahmi yang sudah terputus, dan kembali lah bersikap biasa saja. Dan teruslah bersikap positif yah .
Lakukan hal bersama yang biasa kalian lakukan, seperti saling bertukar cerita atau kumpul bersama.
ini hal yang biasa yang di lakukan, jika kalian memiliki cara sendiri itu lebih baik tapi, harus dengan cara yang baik. Dan jaga perasaan teman, sahabat atau keluarga yang mengkhianati mu. Kita harus selalu lihat sisi positif jika kalian ingin hidup bahagia :D
semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar