Senin, 23 November 2015

Jatuh Cinta Secara Islami



Assalamualaikum wr.wb
Senang bertemu dengan kalian yang bersedia membaca artikel ku :D
Hmm,, sudah lama sekali yah saya tidak posting tulisan, bukan karena tidak ada yang ingin saya tulis tapi, ini karena saya sedang asyik menulis sebuah laporan yang lebih penting J
Alhamdulillah,kali ini saya berkesempatan untuk menciptakan sebuah tulisan yang Insha Allah bermanfaat untuk kalian, khusus nya para remaja, karena kali ini saya akan membahas tentang dunia remaja. Yang kebetulan saya juga masih remaja hehe
tulisan ini saya tullis karena wajib untuk kalian ketahui, dan ada yang request juga untuk mereview sebuah ceramah dari DR. Zakir naik, pendakwah asal india yang sangat luar biasa. Selalu bisa menjawab pertanyaan dari audiens  non-muslim yang penasaran  tentang agama islam lebih jauh lagi.
So, saya ingin memberikan sebuah pertanyaan, apakah salah jika remaja jatuh cinta ? atau mengapa remaja jatuh cinta ? Dr. Zakir naik telah menjawab pertanyaan itu yang akan saya paparkan berdasarkan inti dari apa yang saya dengarkan dari dakwah beliau.


Dewasa ini terkadang seseorang salah mendefinisikan alasan mengapa mereka jatuh cinta. Dari sebagian mereka berfikir bahwa jatuh cinta memang hasrat yang di rasakan di antara seorang akwat dan ikwan, eitss.. sejatinya defisi jatuh cinta bukan hanya di tunjukan untuk itu, sudah sepantasnya jatuh cinta kita tunjukan hanya kepada Allah dan Rosul-Nya, itu hal pertama yang harus kita cintai sebelum kepada makhluk-Nya. Yang harus selalu kita ingat, memang kita merasakan yang namanya jatuh cinta kepada seseorang yang tidak pernah kita sangka, bahkan sampai kepada jenjang yang lebih serius, itu karena Allah yang membolak-balikan hati kita, sehingga kita bisa bertemu dengan jodoh kita dalam sebuah skenario yang telah di buat Nya.
Di zaman sekarang sangat biasa remaja jatuh cinta, dan kita sebagai muslim bagaimana meyakini sesama muslim bahwa jatuh cinta yang tidak islami itu salah ? Dan bagaimana jadinya jika yang diantara sobat ada yang  jatuh cinta pada seorang wanita sholehah atau pemuda sholeh ?
Yang di maksud jatuh cinta secara islami seperti Jatuh cinta kepada sesama muslim yang sholeh atau sholehah tanpa aktivitas haram seperti menyentuh, menatap, hanya menyukai si gadis  atau si pemuda berdasarkan kepribadian. Yang jadi sebuah pertanyaan adalah bagaimana mereka bisa saling jatuh cinta ? jatuh cinta tidak akan datang begitu saja jika di antara keduanya atau si wanita melanggar hukum hijab, dan kadang kita berfikir bagaimana “bagaimana bisa wanita ini jatuh cinta pada pemuda ini ? si pemuda yang sangat jelek atau “ gadis nya yang sangat jelek” jadi sebenarnya,ketika kita bicara kita mulai membicarakan hal yang mungkin aneh.
Jadi interaksi terlalu banyak yang tak perlu kepada lawan jenis harus dihindari, bukan berarti sobat muslim tidak boleh berbicara, melainkan sobat harus berbicara dengan tidak menatapnya atau dengan menundukan kepala untuk menjaga pandangan.jatuh cinta sebagian terjadi mungkin sebagian orang yang tidak berhijab dengan tidak menutupi auratnya, atau sebagian yang sudah menutup aurat dengan hijab tapi melanggar hukum hijab.  tapi ingat hijab bukan hanya tentang menutup aurat,  hijab harus longgar, transparan dan tidak mencolok perhatian,selain itu cara sobat  berbicara, berjalan, berfikir dan berperilaku semuanya termaksud hijab, jika kalian berhijab tapi kalian tidak berbicara dengan benar , yaitu topik yang sobat bicarakan dengan lawan jenis,  jangan terlalu banyak membicarakan kepribadian kita kepada orang lain, membicarakan tentang cinta, cara itu tidaklah islami, berbicaralah dengan normal, begitu pun dengan caramu berjalan dan  berprilaku.
Saat sobat di sekolah atau di kampus, sobat sudah di ajari bagaimana sobat harus memperhatikan cara kita berbicara, berfikir,berjalan dan berfikir. Jika aspek hijab ini tidak dilakukan ada kemungkinan kita jatuh cinta dengan cara yang tak islami
Allah sudah menciptakan kita untuk memiliki sebuah anugerah yang dinamakan cinta.tapi sobat harus berhati-hati dalam menempatkan apa itu cinta. Jatuh cinta itu normal akan tetapi 99,9 % jatuh cinta yang terjadi di sekolah atau di kampus tidak islami, Jika sobat terus berbicara kepada lawan jenis namun tidak terjadi apa-apa mungkin sobat harus pergi ke psikiater untuk mengetes apakah sobat normal atau tidak hihi .karena dalam sebuah pertemuan pasti ada rasa yang  muncul kalau tidak mungkin ada yang salah dengan diri sobat.
Jika kasus nya bahwa yang jatuh cinta itu lelaki yang sholeh atau wanita itu yang sholehah, mungkin salah satu di antara akan berhenti untuk melakukan sebuah interaksi antara lawan jenis yang tidak perlu, dan mencegah keduanya untuk lebih dekat lagi hingga rasa cinta itu tumbuh. Tidak ada namanya cinta sebelum pernikahan dalam islam.
Karena “lebih baik mencintai orang yang engkau nikahi dari pada mencintai orang yang engkau cintai”
Beda hal nya dengan seorang pemuda yang shaleh jatuh cinta kepada wanita yang shaleh. Dan wanita tersebut melakukan hal yang benar mengenai cara berprilaku, berbicara, berfikir dan berjalan sesuai aturah hijab, dan pemuda berniat untuk menikahinya maka jatuh cinta dalam hal ini diterima dalam islam. Maka untuk sang pemuda cepatlah melamar sebelum  diantara keduanya melanggar aturan islam dan tentunya terjauh dari fitnah yah J wallahualam.
Wasalamualaikum wr,wb
Semoga bermanfaat
Kita belajar sama-sama yah sobat :D

2 komentar: